Penggunaan Kemasan Plastik


Berhati - hatilah menggunakan kemasan yang terbuat dari plastik. Plastik yang merupakan wadah yang sering kita gunakan untuk kehidupan sehari - hari nampaknya sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Ya benar, selain praktis juga kuat. Tetapi apakah anda tau bahaya menggunakan kemasan plastik ?
Dan apakah yang memicu suatu kemasan plastik menjadi berbahaya untuk digunakan ?


Plastik terbuat dari bahan yang disebut monomer dan plasticizer. Kedua bahan ini tidak baik untuk tubuh. Kontak antara plastik dengan makanan yang dikemas (khususnya makanan cair atau semi basah) dapat mengakibatkan perpindahan bahan-bahan kimia tadi ke dalam makanan, yang disebut migrasi. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya zat-zat tadi di tubuh adalah kanker.
Sedangkan faktor - faktor yang menyebabkan kemasan plastik itu menjadi berbahaya adalah :
Terdapat beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya migrasi, antara lain;
Panas. Makin tinggi suhu, prosen migrasi makin cepat dan makin banyak (misalkan, seporsi bakso panas yang disimpan dalam plastik).
Minyak. Minyak termasuk bahan yang cepat melarutkan komponen-komponen plastik.
Waktu. Makin lama kontak makanan dengan plastik, makin banyak komponen yang bermigrasi.
Pernyataan tersebut bukanlah mengada - ada, pernyataan tersebut dikutip dari :
http://perempuan.kompas.com/read/xml/2009/06/05/16262890/hati-hati.membungkus.makanan.dengan.plastik

Lalu, bagaimanakah kita menyikapi dan menghindari resiko - resiko tersebut ? Salah satunya adalah mengikuti anjuran dari BPOM tentang lambang segitiga pada kemasan plastik.
Biasanya lambang segitiga tersebut terdapat pada bagian bawah suatu kemasan plastik. Berikut beberapa lambang - lambang segitiga tersebut.

1. PETE / PET (PolyethylenE TerephthalatE)
kemasan plastik yang aman digunakanLambang PETE / PET ini biasanya kita jumpai pada botol mineral, botol jus, kemasan shampoo dan botol - botol minuman lainnya. Penggunaan untuk lambang ini hanyalah boleh dipakai SATU kali, dan hindarkan untuk penggunaan untuk menyimpan sesuatu yang panas. Karena plastik ini dapat meleleh dan mengeluarkan zat yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.


2.HDPE (High Density PolyethylenE)
kemasan plastik yang aman digunakanLambang HDPE ini biasanya kita jumpai pada botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan lain-lain. HDPE memiliki sifat yang lebih baik dari pada jenis PETE tadi, karena untuk kemasan HDPE memiliki intensitas terhadap panas yang lebih tinggi. Tetapi HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu.


3. PVC
(PolyVinyl Chloride)
kemasan plastik yang tidak aman digunakanLambang PVC ini sering kita temukan pada pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. Jenis plastik ini merupakan jenis plastik yang paling sulit untuk didaur ulang, dan sangat berbahaya bagi ginjal, hati dan berat badan. Jenis plastik PVC ini tidak di rekomendasikan untuk kemasan bahan makanan / minuman.



4. LDPE (Low Density PolyethylenE)
kemasan plastik yang aman digunakanLambang LDPE ini sering kita jumpai pada tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek. Sifat - sifat LDPE diantaranya kuat, tembus cahaya, fleksibel, permukaan agak berlemak, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik,dll, menjadikan jenis LDPE ini aman untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.


5. PP (
PolyPropylene)
kemasan plastik yang aman digunakanPlastik jenis PP ini merupakan jenis plastik terbaik untuk digunakan sebagai tempat makanan / minuman, karena lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Untuk itu usahakan gunakanlah jenis plastik nomor 5. (kok jadi kayak pilpres ya ?? huehuehue)



6. PS (Polystyrene)
kemasan plastik yang tidak aman digunakanLambang plastik jenis PS ini merupakan jenis plastik yang sering kita kenali dengan nama Sterofoam. Jangan salah paham dulu, jenis PS bukan hanya sterofoam saja, tetapi jenis plastik ini digunakan juga untuk tempat minum sekali pakai, dan kemasan - kemasan minuman yang tidak bermerk. Styrene sangat berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang. Kesimpulannya bahwa jenis plastik ini SANGAT BERBAHAYA.

7. Other
Jenis ini terdiri dari 4 macam diantaranya :
1. SAN – styrene acrylonitrile,
2. ABS - acrylonitrile butadiene styrene,
(tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan.)
3. PC - polycarbonate,
(dapat ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak batita (sippy cup), botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula.)
4. Nylon

Untuk jenis plastik nomor 7 jenis SAN dan ABS baik untuk kemasan makanan dan minuman, sedangkan PC tidak baik untuk digunakan untuk kemasan makanan dan minuman. Karena untuk jenis PC jika terkena panas maka akan mengeluarkan bahan utamanya Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas.

Kesimpulannya kita harus bijak memilih jenis plastik yang aman untuk digunakan dan hindarkan penggunaan bahan plastik untuk makanan / minuman yang panas, karena dapat menyebabkan plastik tersebut bereaksi yang mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan kita.

Anda dapat mengganti bahan plastik dengan bahan yang lebih safety alias aman. Seperti kayu, kertas, dan lain - lain.

Selamatkan Lingkungan kita.

20 komentar:

Anonim mengatakan... at Minggu, Agustus 16, 2009

:D thanks infonya gan

Mardi mengatakan... at Rabu, Agustus 19, 2009

Plastik emang berbahaya, karena dari bahan polimer kalo kena panas bisa jadi radikal bebas yang bisa merusak sel,

Blog Joker mengatakan... at Rabu, Agustus 19, 2009

tukeran link yo?

jhonson blog mengatakan... at Kamis, Agustus 20, 2009

ooooaaaalllllaaaaa.....kalo gitu ayoo!!! kita kembali ke daun aza deh...
masih ingat dulu di kampung beli lontong bungkusnya pake daun pisang..aman dr yg namanya zat polymer ato apalahh namanya tuh...wkwkwkwkwkwkwk

poer mengatakan... at Jumat, Agustus 21, 2009

nice posting, klo air di galon juga rawan ya?

Juliawan mengatakan... at Sabtu, Agustus 22, 2009

hmm nice posting bro ,berarti kalo misal kita beli makanan di tempat makan polymer gt bahaya juga ya bro :D hehehe,lam kenal ya bro

ansav mengatakan... at Senin, Agustus 24, 2009

Di televisi juga pernah ditayangkan tentang hal ini, jadi kita emang harus hati-hati.

Mufi_ed mengatakan... at Sabtu, Agustus 29, 2009

wahh !!!!!

di dunia modern ini ternyata makin serem dalam hal produk !!!

Thank atas info nya !!!
;) ;) ;)

!Rchymera! mengatakan... at Senin, Oktober 05, 2009

Nice info sobat ramz bs buat referensi untuk kesehatan,btw ane kok gak bs comment shoutmixnya yach...:-(

buxbag mengatakan... at Sabtu, Oktober 10, 2009

wew... kpn hari kuliah juga membahas sampah plastik. Mulai sekarang harus hidup dengan lebih sustainable :) jgn beli minuman botol plastik terus >_< lebih baik bawa botol minum sendiri :) (tapi ya jgn yg seperti botol air mineral)

Great article :D
*btw, kenapa IPku di banned di shoutmix blog ini ya?)

pes2010 mengatakan... at Rabu, November 25, 2009

Nice info gan...keep posting!!!


http://www.pes2010patchs.com/

share mengatakan... at Jumat, Maret 05, 2010

thanks gan buat info nya sangat membantu

download software dan game gratis mengatakan... at Jumat, April 02, 2010

maju terus pantang mundur, kita numpang links ya gan kita di http://bangbom.blogspot.com

Saung Web mengatakan... at Kamis, Agustus 26, 2010

Mampir lagi nih sekalian inspeksi link hehe

Aqiqah mengatakan... at Sabtu, April 23, 2011

Liat-liat dulu....
Situsnya bagus nih!
apalagi artikelnya, menarik banget!
Saya seperti disuguhi makan enak!
hehehehehhehehe

Jilbab mengatakan... at Sabtu, April 23, 2011

salam kenal bro...:) di tunggu kunjugann baliknya

percetakan di tangerang mengatakan... at Sabtu, April 23, 2011

blogwalking shob:)

Tablet android Honeycomb terbaik murah mengatakan... at Senin, September 12, 2011

owh gitu, keren mas bro tulisannya

kripikbuah mengatakan... at Selasa, Desember 27, 2011

wah harus berhati-hati nih dengan bungkus plastik

whiteranger mengatakan... at Jumat, April 28, 2017

Thanks yaa, infonya. Apakah kamu tahu Krom plastik ??

Posting Komentar

Kasi comment ya..hehee...